PENUTUPAN SEMENTARA OPERASI PT. MUSI RAPI PAPER PULP FACTORY

e7706fc7c01661560870bc208f81cb46(1)

                Pada tanggal 2 Februari 2017, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin, bersama Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi III beserta anggota DPRD Kabupeten Banyuasin dari Komisi III melakukan sidak ke PT. Musi Rapi Paper Pulp Factory yang berada di Desa Upang jaya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Perusahaan ini tidak memiliki izin tempat pengolahan limbah sehingga dapat merusak lingkungan sekitar dan akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi warga sekitar.

               Wakil Ketua DPRD Banyuasin mengatakan jika memang PT. Musi Rapi Paper Pulp Factory tidak memiliki izin  untuk beropeasi dan limbahnya sangat berbahaya, maka kita akan merekomendasikan untuk menutup perusahaan tersebut. Ketua Komisi III DPRD Joko Aminoto mengatakan sebelumnya PT. Musi Rapi Paper Pulp Factory telah diberikan peringatan untuk mengurus izin selama 8 bulan sejak tanggal 27 Juli 2016 sampai saat sidak hari ini tanggal 2 Februari 2017 belum mengurus izin maka Komisi III wajib merekomendasikan untuk menutup perusahaan tersebut, kami juga mengkhawatirkan para pekerja yang ada di perusahaan ini jika terjadi sesuatu dengan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut siapa yang akan bertanggung jawab sebab untuk izin saja perusahaan ini tidak memiliki izin.

                   Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, PT. Musi Rapi Paper Pulp Factory telah melakukan pencemaran Lingkungan Hidup menurut Pasal I angka 14 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup . Pada saat dilapangan dapat disimpulkan bahwa perusahaan ini belum menyusun dokumen lingkungan dan belum memiliki izin tempat penyimpanan sementara limbah B3 maupun limbah cair, maka dengan ini PT. Musi Rapi Paper Pulp Factory ditutup sementara dan jika masih beroperasi  tidak menutup kemungkinan  akan terkena pidana dan akan segera dilaporkan ke Pihak Berwajib.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*