BAB

REVISI INDIKATOR KINERJA UTAMA (IKU)

DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 secara tegas mengatur tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, hal ini sebagai upaya nyata dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam diarahkan dengan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan nilai ekonomis tinggi dari suatu ekosistem termasuk didalamnya sumber daya alam juga media lingkungan baik udara, air maupun tanah yang diberlakukan secara umum dan bersifat Nasional.

            Kegiatan pembangunan mengandung resiko terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dimana kondisi ini dapat mengakibatkan daya dukung, daya tampung dan produktivitas lingkungan hidup menurun yang pada akhirnya menjadi beban sosial.

Untuk mewujudkan program pembangunan yang berwawasan lingkungan diperlukan koordinasi kerja yang sinergis antar instansi Pemerintah Kabupaten dan instansi pemerintahan di Kecamatan, serta didukung oleh faktor Sumber Daya Manusia yang profesional yang dapat menyelesaikan berbagai persoalan lingkungan baik alami, sosial  dan binaan.

Dengan telah ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka Dinas Lingkungan Hidup melakukan Revisi Indikator Kinerja Utama (IKU) pencapaian kinerja pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengacu pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor : PER/09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemeritah yaitu Meningkatnya Pengendalian Lingkungan Hidup

Revisi Indikator Kinerja Utama (IKU) pencapaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin  sebagaimana terlampir.

Masing-masing Indikator Kinerja Utama tersebut dijabarkan melalui berbagai kebijakan yang diimplementasikan melalui program dan kegiatan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin  yaitu meningkatnya pengendalian lingkungan hidup.

Dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui penurunan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang memerlukan upaya kolektif dari seluruh stakeholder, upaya yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin adalah kegiatan koordinasi, pengawasan pengelolaan lingkungan hidup dan koordinasi pembinaan aparatur termasuk pembinaan lingkup mitra kerja (dunia usaha)

 

Pangkalan Balai,        Januari 2017
KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANYUSAIN
 

 

 

 

Ir. SYAHRIL A. RACHMAN

Pembina Utama Muda

NIP.19670414 199303 1 010