IKHTISAR EKSEKUTIF

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin sebagai implementasi sistem akuntabilitas yang merupakan bentuk pertanggungjawaban Kinerja Badan Lingkungan Hidup atas penyelenggaraan Badan Lingkungan Hidup. Namun pertanggungjawaban ini tidak semata-mata dimaksudkan sebagai upaya untuk menemukan kelemahan pelaksanaan pemerintahan daerah melainkan juga untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, produktivitas dan akuntabilitas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin merupakan bentuk pertanggungjawaban dari Perencanaan Stratejik, yang dituangkan dalam bentuk tahapan kegiatan yang terarah dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kinerja Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin.

Pertanggungjawaban suatu Instansi Pemerintah kepada Publik pada prinsipnya merupakan kewajiban Pemerintah untuk menjelaskan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan kepada masyarakat. Pertanggungjawaban ini tidak semata-mata dimaksudkan sebagai upaya untuk menemukan kelemahan pelaksanaan Pemerintahan, melainkan juga untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan serta fungsi pengawasan publik terhadap jalannya Pemerintahan.

Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah merupakan kewajiban Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan visi dan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Perencanaan Strategis Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Tahun 2014 – 2018.

Pengukuran pencapaian kinerja Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin dilakukan dengan membandingkan antara rencana kinerja (Performance plan) yang diinginkan dengan realisasi kinerja (Performance Result) yang dicapai oleh organisasi yang bersangkutan. Hasil pengukuran ini bermanfaat untuk memberikan gambaran kepada pihak-pihak eksternal tentang pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, kebijakan, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi Badan Lingkungan Hidup Banyuasin. apabila terjadi perbedaan antara rencana kinerja dengan realisasinya maka harus dicari penyebabnya dan menentukan strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tahun 2016 merupakan tahun pertama dalam upaya pencapaian tujuan dan sasaran Rencana Strategis (Renstra) Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin periode tahun 2014-2018. Secara umum pencapaian sasaran melalui indikator-indikator sasaran menunjukan keberhasilan untuk mewujudkan misi dan tujuan sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra)

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Badan Lingkungan Hidup Tahun 2016 ini menyajikan hasil pengukuran, evaluasi dan analisis pencapaian sebagai berikut :

1.Dari 11 sasaran yang telah ditetapkan di dalam Rencana Strategis (Renstra) Periode tahun 2014-2018, pengukuran, evaluasi dan analisis capaian sasaran strategis pada tahun 2016 telah dapat direalisasikan dengan baik sekali. Keberhasilan pencapaian sasaran ini tidak terlepas dari komitmen penuh dari Kepala Badan dan staf Pegawai Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin di samping adanya koordinasi dan sinergi dengan pihak terkait

2.Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis (Renstra) periode tahun 2014-2018 yang secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik

Keberhasilan dan kekurangan yang telah dicapai selama tahun 2016 telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin untuk meningkatkan kinerja di masa-masa mendatang.

Dalam rangka peningkatan kinerjanya, pelaksanaan program dan kegiatan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin untuk Rencana Strategis (Renstra) yang akan datang yaitu tahun 2014-2018 akan difokuskan pada saran-saran dan indikator yang telah ditetapkan, terutama indikator pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Lingkungan Hidup.