Profil

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin adalah perangkat daerah yang merupakan unsur pelaksana Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Saat ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin dijabat oleh Ir. Syahril A. Rachman.

SUSUNAN ORGANISASI

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin, terdiri dari:

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretaris Dinas, terdiri dari: Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub Bagian Perencanaan Program dan Pelaporan, Sub Bagian Keuangan dan Aset.
  3. Kepala Bidang Tata Lingkungan, terdiri dari: Seksi Inventarisasi, Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) dan Kajian Lingkungan Hidup Srategis (KLHS), Seksi Kajian Dampak Lingkungan, Seksi Konservasi dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup.
  4. Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), terdiri dari: Seksi Pengurangan Sampah, Seksi Penanganan Sampah, Seksi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
  5. Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, terdiri dari: Seksi Pemantauan Lingkungan, Seksi Pencemaran Lingkungan, Seksi Kerusakan Lingkungan
  6. Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, terdiri dari: Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Seksi Penegakan Hukum Lingkungan, Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.
  7. Unit Pelaksana Teknis (UPT).