Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kabupaten Bangka,terkait Pengelolaan dan Pengawasan Limbah Badan Usaha (Perusahaan)

Sebanyak Empat orang Anggota DPRD Kabupaten Bangka melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin terkait Pengelolaan dan Pengawasan Limbah Badan Usaha (Perusahaan). Anggota DPRD Kabupaten Bangka tersebut terdiri dari Bapak Hendra Yunus, SE, Ibu Acit Karniva, S.IP, Bapak H.Suhandi dan Bapak Dody Sadri, ST.

Bapak Hendra Yunus, SE sebagai perwakilan anggota mengatakan kunjungan kerja ini bertujuan  untuk mengetahui Pengelolaan dan Pengawasan Limbah Badan Usaha (Perusahaan) apakah sudah sesuai dengan peraturan perizinan yang berlaku.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, disebutkan dalam pasal 59 bahwa setiap orang yang menghasilkan limbah B3 wajib melakukan pengelolaan. Apabila tidak mampu dapat dikirim ke pihak ketiga.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin perlu adanya penanganan yang baik untuk pengelolaan dan pengawasan limbah Badan Usaha (Perusahaan) contohnya seperti limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), Limbah ini cukup berbahaya bisa mencemari, merusak lingkungan dan tentunya membahayakan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk itu harus ada penanganan dan pengelolaan yang baik.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin melalui Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) secara berkala selalu melakukan pengawasan kepada perusahaan. Disetiap bulan nya Perusahaan harus memberikan laporan terkait Pengelolaan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) sesuai peraturan dan perizinannya sesuai standar.